Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Langkat Bekerja sama dengan STAIS AL-MAKSUM Stabat Kegiatan Mahasiswa pada mata Kuliyah”Meningkatkan Pemahaman Materi Bumi dan Bulan pada Mata ” Pemanfaatan Ruang Baca dan Ruang Audio Visual Perpustakaan Daerah Kabupaten Langkat.

Tak Berkategori
Kegiatan kuliah mahasiswa Al-Maksum di ruang Audio Visual Perpustakaan Daerah Kabupaten Langkat

Kegiatan ini merupakan implementasi program Pepustakaan Nasional (Trasnformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ) menjadikan perpustakaan tempat kegiatn Masyarakat Pelajar dan Mahasiswa dalam mengiatkan literasi.

Perpustakaan yang saat ini telah bertrassformasi merubah paradigma lama yang selama ini hanya tempat membaca sekarang lebih menjadadi tempat kegiatan.

Dewasa ini, paradigma perpustakaan semakin berkembang dari sekadar melayani informasi ke Pemustaka menjadi sebuah konsep yang memberdayakan masyarakat dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup sampai pada peningkatan ekonomi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi/ digital, mengubah paradigma literasi keberaksaraan menuju paradigma literasi yang memberdayakan masyarakat. Konsep ini, digagas dengan nama Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sendiri merupakan program prioritas nasional dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Pendekatan inklusi sosial memandang perpustakaan sebagai sub sistem pembangunan sosial kemasyarakatan, dimana perpustakaan harus dirancang agar memiliki nilai kemanfaatan yang tinggi bagi masyarakat, mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan. Saat ini, gerakan kolektif literasi untuk kesejahteraan sudah dipraktikkan di banyak wilayah melalui perpustakaan.