PEMKAB LANGKAT GELAR SOSIALISASI DAN PENYULUHAN KEARSIPAN

Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengadakan sosialisasi Penyuluhan Kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat yang berlangsung di Aula Akper Langkat, pekan lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH memberikan bimbingan kepada 40 peserta dan undangan yang hadir agar menyadari bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam bentuk dan media yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Selanjutnya, arsip yang dibuat dan diterima dalam bentuk apapun baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok bertujuan untuk menyediakan data dan informasi yang cepat dan tepat bagi yang membutuhkan. “Seperti lembaga negara, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Ditambahkannya, arsip juga berfungsi untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pokok, maka perlu dilakukan pengendalian, penyusunan pola klasifikasi dengan memperhatikan keamanan arsip.

Ngogesa berharap, peserta mampu mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga pengelolaan arsip di setiap SKPD/instansi akan berjalan efektif dan tertata dengan baik sesuai dengan klasifikasinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Ir HM Tambeng menjelaskan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi setiap pengelola Arsip di seluruh SKPD dan instansi.

“Melalui sosialisasi ini, informasi dan wawasan akan bertambah dan selanjutnya, para pengelola arsip akan mampu menyimpan dan mengumpulkan arsip dengan tertib dan teratur,” ujarnya

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *